Ilmu dan Teknologi Pangan

Ilmu dan Teknologi Pangan

 

Universitas Hasanuddin

PROGRAM STUDI ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN (ITP)

Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (PS ITP) sebelumnya bernama Teknologi Hasil Pertanian (PS THP) yang didirikan pada tanggal 1 Februari 1983. Perubahan nama Program Studi tersebut didasarkan pada SK DIKTI No. 1789/D/T/2009 tanggal 5 Oktober 2009. PS ITP berada di bawah Jurusan Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian UNHAS, Makassar.

Profil Lulusan

Melihat kompetensi utama dari Prodi ITP, lulusan dari prodi ini dapat berkarir di bidang industri pengolahan pangan, seperti Indofood, Garuda Food, atau industri pangan lainnya, serta juga dapat berkarir di perkebunan, perbankan, sebagai peneliti di lembaga penelitian, serta dinas pemerintah seperti Dinas Pertanian, atau Dinas Ketahanan Pangan. Namun tidak sedikit lulusan dari Prodi ITP yang berwiraswasta atau menjadi enterpreneurship dibidang Teknologi Pengolahan Pangan

Staf Pengajar Prodi ITP

PS ITP memiliki staf dosen tetap sebanyak 17 orang dengan kualifikasi; berpendidikan S3 = 9 orang, berpendidikan S2  = 8 orang (4 diantaranya sementara melanjutkan studi S3). Berdasarkan jabatan terdiri atas: Asisten Ahli =  4 orang; Lektor =  4 orang; Lektor Kepala =  3 orang; Guru Besar =  6 orang. Dosen tetap yang memiliki Sertifikat Pendidik Profesional/Guru Besar = 11 orang.

Untuk periode 2008-2012 karya ilmiah staf dosen Program Studi ITP berjumlah 55 buah yang dimuat di dalam jurnal internasional dan nasional. Sementara yang dipresentasikan pada seminar lokal, nasional dan internasional berjumlah 44 naskah dan sebagai peserta seminar lokal dan nasional berjumlah 35 naskah. Karya ilmiah dalam bentuk buku yakni sejumlah 5 judul. Karya ilmiah dosen yang  sudah terdaftar untuk mendapatkan paten  yakni 6 buah (4 diantaranya sudah mendapatkan sertifikat paten).

Sarana Pendukung

Sarana penunjang yang dimiliki berupa ruang kuliah, laboratorium, ruang seminar, ruang baca dan perpustakaan dilengkapi dengan prasarana AC, LCD, dan koneksi intra/internet. Perpustakaan memiliki koleksi jurnal nasional dan internasional, text book, prosiding, dan tugas akhir mahasiswa (skripsi). Kemampuan jaringan akan dikembangkan melalui pemasangan jaringan Wimax.

Untuk Laboratorium, Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan memiliki empat buah laboratorium yaitu :

  1. Laboratorium Mikrobiologi dan Bioteknologi Pangan
  2. Laboratorium Kimia Analisa dan Pengawasan Mutu
  3. Laboratorium Pengolahan Pangan
  4. Laboratorium Pengembangan Produk

Tiap laboratorium dilengkapi dengan peralatan-peralatan yang dapat menunjang proses perkuliahan, praktikum dan penelitian mahasiswa dan staf dosen

 

E-SEMINAR ITP

Sistem Informasi Seminar Hasil/Proposal Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan

Read More +

Berkas Ujian Akhir

Silahkan download kelengkapan berkas ujian akhir disini (Prodi KP)

Download +

E-LIBRARY

Perpustakaan digital Jurusan Teknologi Pertanian Unhas

(dalam pengembangan)

PRODI ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN

Kampus Unhas Tamalanrea, Jln Perintis Kemerdekaan Km 10. Makassar 90245

T +62 (411) 588243
F +62 (411) 431081