Ilmu dan Teknologi Pangan

Ilmu dan Teknologi Pangan

 

Universitas Hasanuddin

VISI, MISI dan TUJUAN Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan

 

Visi program studi Ilmu dan Teknologi Pangan dibuat mengacu pada visi universitas. Visi UNHAS adalah Pusat Unggulan dan Pengembangan Insani dan Budaya Berbasis Maritim Indonesia. Visi UNHAS kemudian diturunkan ke misi Fakultas Pertanian. Adapun visi Fakultas Pertanian adalah Pusat Pendidikan Pertanian Terkemuka yang berkarakter dan bertaraf global. Visi Fakultas Pertanian kemudian dijabarkan lagi ke visi Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan sebagai berikut

 

Menjadi Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) sebagai salah satu pusat pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu dan teknologi pangan terkemuka di Indonesia dalam mendukung agroindustri pangan berlandaskan nilai-nilai budaya berbasis benua maritim.

 

Budaya berbasis benua maritim dapat dijabarkan kedalam  :

 

KEBERSAMAAN (akomodatif, adaptif, kreatif)

 

KEADILAN (kepemimpinan, kepeloporan, kepedulian)

 

KESUNGGUHAN (pengembangan kapasitas diri, semangat hidup, semangat kewirausahaan, keuletan)

Nilai-nilai tersebut menjadi nilai-nilai dasar bagi proses kelangsungan modal sosial dalam kehidupan bersanding (co-existence) untuk maju bersama (co-evolution).

 

Untuk mencapai visi program studi, maka disusun misi sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan (sarjana S1) yang cakap dan terampil dalam bidang ilmu dan teknologi pangan dan berwawasan luas serta berkepribadian dengan menjunjung tinggi moral dan etika.
  2. Melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat untuk pengembangan ilmu dan teknologi pangan untuk mendukung agroindustri pangan.

Untuk mendukung tercapainya misi, maka disusun tujuan program studi sebagai berikut:

  1. Bidang Pendidikan: Menghasilkan lulusan (sarjana S1) yang cakap, terampil, memiliki daya juang dan dedikasi tinggi serta bermoral (berakhlak) baik.
  2. Bidang Penelitian: Menghasilkan luaran penelitian yang bersifat dasar dan terapan sebagai upaya untuk memperoleh temuan, dan peningkatan nilai tambah produk pangan.

Bidang Pengabdian: Menghasilkan binaan industri pangan, petani/nelayan, pedagang dan pengusaha kecil di bidang pangan agar dapat meningkatkan kinerja usahanya.

E-SEMINAR ITP

Sistem Informasi Seminar Hasil/Proposal Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan

Read More +

Berkas Ujian Akhir

Silahkan download kelengkapan berkas ujian akhir disini (Prodi KP)

Download +

E-LIBRARY

Perpustakaan digital Jurusan Teknologi Pertanian Unhas

(dalam pengembangan)

PRODI ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN

Kampus Unhas Tamalanrea, Jln Perintis Kemerdekaan Km 10. Makassar 90245

T +62 (411) 588243
F +62 (411) 431081